Material Vulkanik di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan Dibersihkan

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Sebanyak 25 personel dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu serta 24 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dikerahkan untuk membersihkan material vulkanik erupsi Gunung Anak Krakatau di perairan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. 

Koordinator Lapangan Pesisir Pantai Pulau Harapan Sudin LH Kepulauan Seribu, Surya Ismail mengatakan, pembersihan dilakukan sejak hari Rabu (26/12) kemarin. Untuk mempercepat pembersihan material vulkanik yang berbentuk kerikil halus tersebut sudah dibentuk sebanyak dua tim.

"Untuk di Pulau Kelapa sudah berhasil dibersihkan sebanyak 30 meter kubik. Sedangkan di Pulau Harapan sudah mencapai 25 meter kubik," ujarnya, Kamis (27/12). 

Sementara, Lurah Pulau Kelapa, Fadli menambahkan, kerikil-kerikil halus tersebut juga memenuhi area di sekitar dermaga. Sehingga, dikhawatirkan dapat menganggu lalu lintas kapal. 

"Pembersihan masih akan terus dilakukan. Sebab, material vulkanik erupsi Gunung Anak Krakatau itu masih terus terbawa air laut hingga ke perairan di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa," tandasnya.(p/ab)